Salah satu fungsi mendasar dari ActionScript adalah untuk membuat navigasi movie Flash. Yang dimaksud navigasi ini adalah bagaimana membantu user untuk masuk ke bagian-bagian movie tertentu misalnya frame atau scene tertentu. Navigasi ini erat kaitannya dengan sistem menu dan struktur konten suatu movie Flash.
 nah dalam aodbe flash ada ynag nama nya movie clip adalah salah satu symbol yang tersimpan dalam library.cara membuat dengan mengambar langsung pada stage lalu klik kanan > convert to symbol > pilih type movie clip > ok .
dalam pengunaan nya movie clip dapat di ubah oleh pengunanya property nya mengunakan script.sebelum kita ubah propertynya jangan lupa memberi instance nama pada movie clip yang sudah terpasang di satate.
cara nya :
klik dua kali pada move pada stage lalu ubah namanya pada posisi seperti pada gambar di bawah ini :
 
pada gambar di atas  instance nama dari movie clip tersebut adalah mc.untuk mengubah propertisnya mengunakan script gunakan printah di bawah ini  (ops jangan lupa dijalankan action script  bersama-sama dan lihat perbedannya )

mc._x = 0; //koordinat x
mc._y = 0; //koordinat y
mc._xscale = 100; //rasio x (%)
mc._yscale = 100; //rasio y (%)
mc._width = 100; //lebar (pixel)
mc._height = 100; //tinggi (pixel)
mc._alpha = 50; //tranparan (max 100)
mc._rotation = 15; //rotasi (derajat)
mc._visible = false; //nampak
mc._x = _xmouse; //disamakan koor mouse
mc._y = _ymouse; //disamakan koor mouse

uji coba 
langkah pertama .buatlah move clip dengan instance name mc kemudian isi frame dengan slah satu AS propertisnya seperti teks di atas.
mc._x +1; //menabahkan atu nilai di korordinat x
jalankan animasi buatan sobat dengan menekan ctrl + enter
langkah ke dua
bila kita menginginkan script di baca terus berulang-ulang maka kita harus membuat script tersebut selalu di baca hingga movie propertisnya  movie clip selalu berubah ada dua trick yang sobat bisa lakukan
1.menambah satu frame  (frame satu dan frame 2 sama  pada time line.
2.atau dengan cara mengubah as menjadi berikut
onEnterframe=function () {
mc._x+=1;
script di atas membuat perintah dibaca berulang-ulang sesua pergerakn frame  ( mesiki frame hanya satu sebenarnya flash tetap menjalankan frame sesuai dengan frame rate yang telah di set pada propertis dokumenya
"demikian yang saya ketahui tentang action script pada adobe flash semoga bermanfaat"

Post a Comment